Kamu Harus Tahu, Inilah Tempat Wisata Yang paling Banyak Dikunjungi di Tulang Bawang Barat

Tempat Wisata di Tulang Bawang Barat
Tempat Wisata di Tulang Bawang Barat
Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) merupakan kabupaten baru yang ada di Lampung, Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang, diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Mardiyanto pada tahun 2008. Saat ini kabupaten Tulang Bawang Barat dipimpin oleh bapak Umar Ahmad, S.P dan bapak Fauzi Hasan, S.E., M.M sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

Meski terbilang baru, Kabupaten Tulang Bawang Barat mengalami pembangunan yang pesat, dari sisi pariwisata Tulang Bawang Barat mengalami pertumbuhan yang signifikan dengan dibangunnya ikon-ikon daerah yang kemudian menjadi tempat tujuan wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan  dari dalam maupun luar daerah. Setidaknya ada tiga destinasi wisata di Bawang Barat yang saat ini sedang hits dan ramai dikunjungi karena keindahan dan keunikannya, berikut 3 tempat wisata di tulang Bawang Barat yang dapat Anda jadikan tujuan rekreasi Anda dan keluarga.

1. Masjid Baitus Shobur (Masjid 99 Cahaya) Islamic Center Tubaba dan Balai Adat Sesat Agung Bumi Gayo

komplek Islamic center Tulang Bawang Barat di Malam hari
komplek Islamic center Tulang Bawang Barat di Malam hari
Masjid Agung Baitus Shobur Islamic Center Tulang Bawang Barat diresmikan pada tanggal 11 oktober 2016 oleh Menteri Agama Republik Indonesia Drs. Hi. Lukman Hakim Saifudin, lokasi masjid berada satu komplek dengan Rumah Adat Lampung atau Sesat Agung Bumi Gayo. Seorang arsitek bernama Andramatin adalah perancang kedua bangunan yang dikelilingi danau buatan itu. Masjid dirancang vertikal dan Sesat Agung horisontal, melambangkan prinsip hubungan dengan Tuhan dan hubungan dengan sesama, yang merupakan prinsip Islam. Menurut Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad kedua bangunan tersebut sengaja dibangun bersebelahan dengan tema bangunan dunia akhirat, filosofi dari kedua bangunan adalah lahir dikandung adat mati dikandung amal dan iman.

Masjid Agung Baitus Shobur Islamic Center Tulang Bawang Barat  memiliki luas 34x34 meter yang melambangkan jumlah sujud solat wajib, memiliki 114 pilar yang menunjukkan 114 surat dalam Al-Quran, Kubahnya dibuat persegi lima menunjukkan rukun Islam dengan tinggi 30 meter yang menunjukkan 30 Juz dalam Al-Quran dan setiap sisi kubah melambangkan solat 5 waktu.  Dibagian atap terdapat 99 lobang yang dapat memacarkan cahaya matahari sebagaimana 99 cahaya Asmaul Husna
Salah satu sudut Bangunan Balai Adat dengan ornamen Aksara Lampung

2. Tugu Rato Nago Besanding 

Tugu Rato Nago Besanding Tulang Bawang Barat
Karya ini dibuat sebagai salah satu tanda keaguangan & keluhuran budaya masyarakat Lampung, tanda yang menghubungkan masa lalu, kini dan masa depan. Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad. Demikian tulisan yang terukir dalam monumen Patung Tugu Rato Nago Besanding. Tugu ini berada di Simpang Tiga Kampung Kagungan Ratu, Kampung Rawa Kebo, Panaragan Jaya. Hikayat yang berkembang di lokasi berdirinya tugu yang sekarang bernama Kampung Rawa Kebo itu dulu lebih dikenal dengan sebutan Tulung Naga atau Rawa Naga. Tugu Rato Nago Besanding dibangun tahun 2015 oleh pemerintah Tulang Bawang Barat dengan mendatangkan langsung pengrajin patung dari bali yaitu I Wayan Winten.

Tugu Rato Nago Besanding berbentuk sosok naga kembar yang menarik kereta kencana. Keberadaan sepasang naga itu juga terdapat dalam adat istiadat setempat dimana untuk memperoleh gelar suttan, seseorang mesti menaiki sepasang naga. Sosok naga kembar yang menarik kereta kencana merupakan cerminan dari simbol keberanian. Karakter tersebut merepresentasikan karakter masyarakat yang 'berani' menatap masa depan. Tak gentar dengan aral melintang karena yakin bisa melewatinya.

3. Patung Relief Empat Marga Tulang Bawang Barat


Patung Relief Empat Marga Tulang Bawang Barat
Patung Relief Empat Marga Tulang Bawang Barat
Patung relief yang menggambarkan tentang sosok empat tokoh Megow Pak ini dibangun di ruas jalan Provinsi leter S Panaragan, kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT) Kabupaten Tulang Bawang Barat. Ornamen relief yang berada disisi jalan leter S ini penuh dengan Ephos sejarah masa lalu yang Fenomenal di kehidupan terdahulu, Yakni, Marga Tegamoan, Marga buay bulan, Marga buay aji, Dan Marga suwai umpu.  

2 Responses to "Kamu Harus Tahu, Inilah Tempat Wisata Yang paling Banyak Dikunjungi di Tulang Bawang Barat"

  1. Alhamdulillah sebagai warga tulang bawang barat saya merasa bangga dengan kemajuan kabupaten Tulang Bawang Barat, Semoga pemimpinnya senantiasa amanah dalam menjalankan tugasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... mari turut berkontribusi untuk memajukan daerah kita tercinta pak, bersama sama kita maju

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel